July 24, 2012

Postcard: Geliat 'Bocah-bocah POP!' Skotlandia Dalam Rangkum Singkat Kronologi


Postcard Records (Glasgow, 1979 – 1981)

Di penghujung dekade 1970-an, di saat punk dianggap sudah runtuh, ketika grup musik penggeraknya yang tadinya sangat kokoh berjalan di jalur independen kemudian tersandung oleh iming-iming uang berlimpah dari label rekaman besar (major label); datanglah Alan Horne dengan mimpi sederhananya, berusaha meneruskan etos punk lewat jalur post-punk dengan balutan musik pop independen yang cerdas. Beliau yang baru berumur 19 tahun kala itu membentuk sebuah label rekaman (record label) independen yang kini dikenal dengan nama Postcard Records, bermarkas di kota Glasgow (Skotlandia) dan berdiri pada tahun 1979. Dalam dua tahun yang singkat, Alan berhasil merilis beberapa karya yang terus menginspirasi khalayak pop-underground di pelosok dunia sampai sekarang. Tanpa Postcard Records, kemungkinan besar tak akan lahir “C86”, The Smiths,  Sarah Records (salah satu label rekaman indie yang sangat memegang teguh etos do-it-yourself dan sangat anti-korporasi), dan indie(pop) itu sendiri.

Pada awalnya, Alan tertarik dengan grup musik bernama Nu-Sonics yang dipimpin oleh teman satu sekolahnya, Edwyn Collins. Seiring berjalannya waktu, mereka berdua sepakat memproduksi sebuah single yang kemudian diberi judul ‘Falling and Laughing’. Nu-Sonics lalu berganti nama menjadi Orange Juice pada tahun 1979, dan single tersebut dirilis pada bulan April 1980; sekaligus menjadi produk pertama yang dikeluarkan oleh  Postcard Records.


Dengan mengusung tema cinta dan kemurnian ‘Falling and Laughing’ menandai sebuah pergeseran baru, dan tentu saja sangat berbeda dengan apa yang sering disuarakan oleh grup musik post-punk pada umumnya kala itu. Lagu tersebut juga dilengkapi karakter suara yang lebih cerah, sangat bertolak belakang dengan jenis-jenis irama gelap yang dihasilkan oleh grup musik seangkatannya, Joy Division misalnya; dan single ini disebut-sebut sebagai cikal bakal dari indie(pop), jenis musik yang diusung ‘C86 movement’ enam tahun kemudian.

Pada bulan September 1980, Postcard kembali merilis sebuah single dari Orange Juice berjudul ‘Blue Boy’; sebuah rilisan yang dibuat dalam paket ganda dengan single lain ‘Radio Drill Time’ karya grup musik post-punk asal kota Edinburgh, Josef K. Berbeda dengan Orange Juice yang lebih ceria, nada-nada yang dihasilkan Josef K cenderung berkarakter gelap, bisa disetarakan dengan aksi post-punk asal Manchester, Joy Division. Perbedaan ciri khas ini tidak menimbulkan persaingan sama sekali, kedua grup musik tersebut malah bergerak dalam satu payung yang sama, yaitu Postcard Records. Edinburgh kemudian menjadi kota kedua setelah Glasgow yang menandai sebuah pergerakan skena post-punk di Skotlandia.

Jelang tutup tahun, Postcard juga merilis aksi lain dari negara berbeda. The Go-Betweens yang berkebangsaan Australia dirilis singlenya pada bulan November 1980, berjudul ‘I Need Two Heads’; menyusul kemudian ‘It’s Kinda Funny’ (Josef K) dan ‘Simply Thrilled Honey’ (Orange Juice) pada bulan Desember. Dua single yang terakhir disebut adalah rilisan yang menutup aktivitas Postcard Records di tahun 1980.


Menginjak ke tahun berikutnya, Postcard mewakilkan dua punggawanya untuk berkontribusi dalam kompilasi legendaris milik Rough Trade Records dan majalah New Musical Express, ‘C81’; kaset yang dirilis pada Januari 1981 ini mencantumkan lagu berjudul Blue Boy milik Orange Juice dan ‘Endless Soul’ karya Josef K. Dua bulan berikutnya, singlePoor Old Soul’ dari Orange Juice diluncurkan pada bulan Maret, merupakan rilisan pertama Postcard di tahun 1981. Pada bulan April tahun yang sama, giliran Aztec Camera (grup musik yang juga tercatat dalam kompilasi 'C81') dirilis singlenya, berjudul ‘Just Like Gold’; berasal dari daerah suburban Glasgow yaitu South Lanarkshire, grup musik ini dipimpin oleh Roddy Frame yang masih berusia 16 tahun kala itu. Frame adalah remaja jenius karena berhasil menghasilkan karya dengan kedalaman emosional yang jauh melampaui usianya. Rekaman tersebut dirilis berbarengan dengan single milik Josef K ‘Sorry For Laughing’. Postcard kembali memperlihatkan dominasi Orange Juice dan Josef K dengan mengeluarkan single dari keduanya pada bulan Mei, ‘Chance Meeting’ (OJ) dan ‘Wan Light’ (JK).


Setelah berkali-kali merilis single, Alan Horne akhirnya menyetujui kumpulan lagu milik Josef K untuk dijadikan satu album rekaman penuh. Proses produksi sudah dilakukan sejak bulan April 1981, dan peluncurannya dilakukan pada bulan Juli tahun yang sama, berisi sepuluh lagu dengan judul album ‘The Only Fun In Town’; merupakan satu-satunya album penuh yang pernah dikeluarkan oleh Postcard Records. Setelah peluncuran album tersebut, label ini kembali merilis single dari Aztec Camera pada bulan Agustus 1981, berjudul ‘Mattress Of Wire.

Single dari Aztec Camera tersebut menjadi rekaman terakhir yang diluncurkan Postcard Records; label rekaman ini dibubarkan oleh Alan Horne setelah ditinggalkan punggawa-punggawanya. Josef K pecah setelah merilis album penuh pertamanya, diikuti kepindahan Orange Juice dan Aztec Camera ke label rekaman yang lebih besar, Polydor (Polygram) dan Sire Records (Warner Bros.). Alan sendiri kemudian pindah ke Inggris dan menjadi salah satu orang penting di London Records (Universal Music).

Berdiri selama hampir dua tahun dan hanya mengeluarkan 13 rilisan (satu album penuh dan 12 single) belum bisa dikatakan sebagai torehan maksimal dari sebuah label independen, apalagi ketika harus berhenti kiprahnya akibat bagian terpenting dari label justru ‘menjual diri’ ke label rekaman atau korporasi yang lebih besar. Tidak ada bedanya dengan para pendahulunya di skena punk seperti Sex Pistols dan The Clash. Etos do-it-yourself telah mereka telan mentah-mentah untuk kemudian dimuntahkan begitu saja, misi awal tidak dapat dijalankan dengan sempurna. Bisa jadi, mereka adalah golongan pemuda yang sangat realistis. Namun, yang perlu diingat lagi dan layak diapresiasi dari Postcard adalah: Perjalanan singkat yang dilalui label ini setidaknya telah mempengaruhi pergerakan musik pop ‘bawah tanah’ Britania Raya di tahun-tahun berikutnya ~ dalam mencari jati diri. Lewat slogan The Sound of Young Scotland, post-punk diperbaharui dengan unsur-unsur pop 60-an dan Northen Soul; menjadi inspirasi grup musik sekelas The Smiths, dan memantik sebuah pergerakan bersejarah di ranah permusikan Britania Raya lewat fenomena ‘C86’ (di mana indie kemudian disepakati sebagai sebuah genre musik). Orange Juice, Josef K, Aztec Camera, dan Postcard Records adalah satuan kolektif yang memiliki peran penting dalam perubahan wajah musik Skotlandia dan Inggris Raya pada umumnya.
 





Sumber:
Evans, Paul David, “Label of Love: Postcard Records” dalam The Guardian, 1 November 2008.
Hasted, Nick, “How an NME Cassette Launched Indie Music” dalam www.independent.co.uk, 27 Oktober 2006.
Hutlock, Todd, “The Sound of Young Scotland: A Bluffer’s Guide” dalam www.stylusmagazine.com, 2 Juli 2005.
Obst, Anthony, “The Birth of Indie: 5 British Labels and Their Legacies” dalam The iCrates Magazine, 5 April 2012. 
Petridis, Alexis, “Josef K, Entomology” dalam The Guardian, 15 Desember 2006.
Postcard Records, “Discography 1980 – 1981” dalam www.myspace.com/postcardrecords, 4 Januari 2007.
Thornton, Steve, “Postcard Records” dalam www.twee.net, 1995.  

Gambar:
http://crossedcombs.typepad.com/recordenvelope/2007/11/postcard-record.html
http://thep5.blogspot.com/2009/03/orange-juice-falling-and-laughing.html
http://lyricstranslate.com/en/aztec-camera-lyrics.html
http://www.stylusmagazine.com/articles/weekly_article/the-sound-of-young-scotland-a-bluffers-guide.htm


No comments:

Post a Comment