March 6, 2011

Mencoba Tunjukkan Cinta Dengan “Write About Love” (Repost)

(Review LP terbaru B&S, 2010)

Belle & Sebastian adalah band indiepop asal Glasgow, Skotlandia. Merupakan proyek bersama Stuart Murdoch dan Stuart David pada awal Januari 1996, kemudian Stevie Jackson, Isobel Campbell, Chriss Geddes, dan Richard Colbum direkrut dan melengkapi Belle & Sebastian sebagai sebuah band. Masuknya Sarah Martin (1997) dan Mick Cooke (1998) ikut meramaikan formasi band menjadi delapan orang anggota. Namun Stuart David keluar pada tahun 2000 yang digantikan oleh Bobby Kildea, menyusul kemudian Isobel Campbell pada tahun 2002, menyisakan tujuh anggota lain yang masih bertahan hingga sekarang.

Anda adalah penggemar The Beatles dan The Smiths atau anda tergila-gila dengan Blueboy juga Electric Light Orchestra, B&S bisa anda jadikan sebagai referensi pembanding. Tidak bermaksud melebih-lebihkan, tetapi empat legenda yang sudah disebut lebih dulu memiliki pengaruh yang kuat terhadap karakter bermusik B&S. Band ini telah merilis banyak single, EP, dan kompilasi serta tujuh album studio (LP), dan pada 2010 B&S merilis satu lagi album studio bertajuk Write About Love sehingga jumlah total LPnya akan menjadi delapan.

Pertama dalam empat tahun setelah album terakhir dirilis The Life Pursuit, Stuart Mordoch sang front man kembali menunjukkan cintanya kepada penggemar dengan melahirkan Write About Love yang diproduseri Tony Hoffer (juga memproduseri The Life Pursuit). Dengan produser yang sama bukan berarti album baru ini akan persis sama dengan album sebelumnya. Dalam Write About Love Stuart Murdoch tidak lagi arogan mengisi penuh vokal semua lagu, dia memberi kesempatan kepada rekannya juga artis lain untuk menjadi vokal utama pada beberapa lagu. Dengan instrumen yang lebih penuh dan nuansa psychedelic rock membuat mereka tidak bisa dikatakan sebagai band tweepop lagi.

Sedikit kasar dan simpel tapi cukup nyaman untuk didengar. Cocok bagi anda yang memiliki ketertarikan khusus terhadap indiepop, dan tidak diragukan lagi mereka akan membawa anda kembali pada saat pertama kali mendengarkan band ini. Atau anda baru benar-benar tahu B&S? Tak masalah, anda bisa langsung memulai dengan album barunya, karena Murdoch dan Sarah Martin adalah penulis lagu yang tidak begitu jelek. Yang coba diperdengarkan dalam album ini adalah musik pop dari varietas terbaik (Ian Wade, BBC).

Namun wujud cinta tidaklah selalu sempurna. Anda penggemar berat B&S pasti merasa sedikit kurang puas terhadap album ini. Ya, memang terdapat kebosanan pada beberapa titik dan sedikit tidak melodius seperti album-album mereka sebelumnya. Dan keputusan merangkul dua artis terkenal membuat album yang sekarang tidak kelihatan indie sehingga memunculkan pertanyaan “Ke mana Belle & Sebastian yang terkenal sangat DIY itu?”

Dibuka dengan lagu I Didn’t See It Coming, Sarah Martin mengisi penuh vokal, membangun dua akord piano lembut menjadi balada multi-instrumental yang sedikit mengeluh tentang kekurangan uang, tetapi juga merangkul kesenangan dalam hidup yang sederhana. Come On Sister adalah sebuah nasihat dalam balutan nada lembut dan sopan. Euforia terdapat dalam Calculating Bimbo dan duet Stuart Murdoch – Norah Jones dalam Little Lou, Ugly Jack, Prophet John adalah jawaban dari kekurangan finansial mereka selama ini, sangat mainstream dan mencoba menggiring pendengar untuk berkaca pada dirinya sendiri, tidak ada melankolia di dalamnya.

Suara seksi aktris Carey Mulligan memberi sesuatu yang segar pada single utama Write About Love, bermisi sama dengan duet pertama yaitu menjual karya, bersama Stuart Murdoch menggambarkan sebuah pasangan yang mencoba mengekspresikan bahwa tidak ada aturan dalam menyatakan cinta tetapi harus masuk akal. I’m Not Living In The Real World adalah Sukie In The Graveyard versi kasar, The Ghost Of Rockschool dan I Want The World To Stop mengingatkan kita pada karya-karya B&S sebelumnya, tidak lupa I Can See Your Future dan Sunday’s Pretty Icons tetapi dengan instrumen yang lebih ramai. Dan terakhir, petikan gitar akustik yang manis pada Read The Blessed Pages menambah warna dalam album psychedelic ini.

Secara keseluruhan, Write About Love memang sangat berbeda dengan album-album sebelumnya. Namun tidak salah untuk memutar seluruh lagunya berulang-ulang demi mendapatkan feel yang kita inginkan. Dan penggalan lirik di bawah ini adalah citra dari B&S yang sekarang:

But we don’t have the money

(money makes the wheels and the world go round)

Anda pasti tahu sebabnya.




No comments:

Post a Comment